Peluang Bisnis Pakaian Muslim ke Luar Negeri

Islam merupakan salah satu agama yang memiliki banyak penganut di seluruh penjuru dunia mencapai angka 1,8 milyar jiwa. Di Indonesia sendiri, lebih dari 80 persen masyarakat menganut agama Islam dari total 270 juta penduduk. Tak mengherankan kalau bisnis pakaian muslim akan terus bergeliat mengikuti perkembangan jaman. Jasa kirim barang ke Malaysia bisa menjadi partner untuk mengembangkan bisnis pakaian di negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam tersebut.

Read More

Cara bersaing dengan kompetitor luar negeri

Kalau Anda berencana menjual produk hingga ke luar negeri, sebaiknya ketahui berbagai aturan terkait pajak, daya beli masyarakat, model pakaian yang digandrungi, dan lain-lain. Penting sekali untuk melakukan riset awal agar produk Anda diterima di negara tersebut. Berikut cara memulai bisnis pakaian muslim dengan melihat persaingan ketat di lapangan yaitu :

1. Melakukan riset dan menentukan target pasar

Riset di lapangan adalah syarat utama agar Anda bisa menciptakan produk yang disukai banyak orang. Tentukan target pasar yang sesuai dengan produk yang Anda tawarkan, misalnya pakaian model blus, cardigan, outer lebih disukai remaja, sedangkan model pakaian gamis syar’i lebih disukai kalangan wanita usia lebih tua.

2. Melihat produk dari kompetitor

Anda bisa mulai melakukan riset lebih mendalam dengan melihat produk yang ditawarkan oleh kompetitor, termasuk ulasan para pelanggan. Setidaknya Anda bisa mengetahui tentang pakaian yang lebih diminati, warna pakaian terlaris, rentang harga yang ramah kantong calon pembeli, dan lain-lain. Hasil dari pengamatan Anda bisa menjadi referensi dalam mengembangkan produk pakaian muslim yang akan diekspor ke luar negeri.

3. Mengklasifikasikan kompetitor

Cobalah untuk mengelompokkan kompetitor sesuai dengan kategori seperti kelompok kompetitor utama yang memiliki target bisnis sama, sedangkan kelompok sekunder yang menyasar pasar berbeda dengan produk pakaian muslim yang sama. Nantinya Anda bisa fokus pada kelebihan dan kekurangan masing-masing kompetitor agar bisa menciptakan inovasi produk yang berbeda.

4. Membuat rencana bisnis yang matang

Jika Anda sudah punya bekal untuk membuat produk yang lebih inovatif, maka persiapkan rencana bisnis lebih matang mulai anggaran, penambahan modal, pemilihan bahan dan desain produk, kerja sama dengan konveksi, brand, partner bisnis luar negeri, promosi, dan sebagainya.

Jangan lupa memilih jasa kirim barang ke Malaysia yang kredibel untuk memastikan barang bisa sampai ke distributor di luar negeri. Jika menerima pesanan online secara ecer, paket Anda bisa terkirim ke tangan penerima lebih cepat tanpa menunggu lama.

Tips memulai bisnis pakaian muslim yang terus berkembang ke luar negeri bisa Anda jadikan ide menarik. Tak hanya menyasar kirim barang ke Malaysia saja, Anda juga bisa mengembangkan bisnis pakaian muslim ke berbagai negara tetangga. Siapa tahu usaha pakaian muslim Anda bisa semakin besar dan memiliki gerai di berbagai penjuru dunia.

 

Sumber

  • https://cantik.tempo.co/read/1273405/melihat-potensi-fashion-muslim-indonesia-di-pasar-dunia
  • https://www.niagahoster.co.id/blog/bisnis-fashion/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *